Teori 5 unsur (elemen) TCM, ilmu pengobatan timur

Teori lima elemen TCM

Fundamental teori lima unsur (elemen) pada TCM ilmu pengobatan timur menyediakan kerangka kerja yang membantu seseorang dalam membuat pengkategorian unsur, kita harus terlebih dahulu memahami kategorisasi dasar dari lima elemen.

Pada dasarnya, ada 5 unsur (elemen), atau faktor, yang memiliki hubungan antar yang harus dijaga keseimbangannya. Lima Elemen tersebut adalah:
1. Api
2. Bumi (Tanah)
3. Logam
4. Air
5. Kayu.
Cara mudah untuk menghapal kelima unsur tersebut adalah ABLAIK, yaitu Api Bumi Logam Air Kayu. Atau KATLAIR, kayu api tanah logam air

Bagan di bawah ini menjelaskan beberapa kategorisasi umum yang termasuk dalam setiap elemen:


Untuk mencapai keseimbangan 5 elemen TCM / unsur tadi, terdapat hubungan fisiologis yaitu saling menghidupi dan saling membatasi. Hubungan patologis yaitu saling menindas, menghina, dan ibu anak menderita.

Fungsi diagnosis dan perawatan

Teori lima elemen adalah salah satu sistem pemikiran utama dalam pengobatan Tiongkok. Dari perspektif sejarah, ini merupakan fondasi penting dari teori medis dan berfungsi sebagai salah satu protokol diagnostik dan perawatan utama. Dalam praktik klinis modern, teori lima elemen digunakan dalam berbagai tingkat tergantung pada praktisi dan gaya akupunktur yang mereka praktikkan.

Para praktisi pengobatan timur, menggunakan teori ini untuk membantu diagnosa penyakit ketika terdapat tanda dan gejala yang saling bertentangan. Manfaat lain dari unsur-unsur teori tersebut dapat membantu penyeimbangan gizi dan pengelolaan emosional.

Lima Elemen, Hubungan, dan Interaksi

Dalam lima elemen teori ada empat hubungan utama atau cara di mana elemen berinteraksi. Yang pertama adalah :

Siklus menghasilkan / hubungan menghidupi (sheng, ibu-anak). Siklus ini menjelaskan cara-cara di mana setiap elemen, berfungsi sebagai ibu, mempromosikan pertumbuhan dan perkembangan elemen anak tersebut.
Contoh dari siklus ini adalah elemen Kayu yang memberikan kekuatan generatif untuk Api, Api yang memberikan kekuatan generatif untuk Bumi, dll. Hubungan ini memberikan dasar untuk memahami lima teori elemen dan, akibatnya, di mana ketidakseimbangan dapat muncul dalam siklus. Jika Bumi, misalnya, dilemahkan dari pola makan yang buruk dan terlalu banyak bekerja, Anda akan melihat bahwa lebih banyak nutrisi diminta dari elemen Api untuk memberi makan Bumi. Selain itu, jika Bumi melemah, elemen Logam juga dapat terpengaruh.

Dari sudut pandang klinis, Anda mungkin melihat orang mengembangkan masalah pencernaan mulai dari makan tidak teratur, khawatir berlebihan dan terlalu banyak bekerja yang mengarah pada menjamurnya kelembaban yang kemudian mempengaruhi elemen Logam. Dalam hal ini Anda mungkin melihat kombinasi kembung, gas, dan energi yang buruk dengan perkembangan gejala Logam (Paru-paru) seperti sinusitis atau asma tipe dahak.

hubungan menghidupi

Hubungan membatasi / siklus pengontrol (ke, kakek-nenek) menyediakan sistem pemeriksaan dan keseimbangan di antara semua elemen. Dalam siklus ini Bumi, misalnya, menyediakan kontrol untuk Air dan dikendalikan oleh Kayu. Contoh dari hubungan ini di dalam tubuh adalah dalam kasus kecemasan (Kebakaran) yang terkait dengan LV Qi Stagnation (Wood) di mana, seiring waktu, Anda mulai melihat lebih banyak tanda-tanda terkait Ginjal (Air) ketika elemen Air berusaha untuk mengendalikan Api yang terlalu aktif.

hubungan membatasi

Siklus overacting / hubungan menindas (cheng) adalah ketidakseimbangan dalam siklus kontrol di mana elemen nenek memberikan terlalu banyak kontrol atas cucu dan melemahkan elemen. Di dalam alam, Anda mungkin melihat Air memadamkan Api, Bumi menyerap Air, dan sebagainya.

Contoh klinis dari hubungan ini adalah Hati (Kayu) yang bereaksi berlebihan pada Limpa (Bumi). Dalam hal ini Anda memiliki elemen Kayu yang terlalu aktif mengendalikan Bumi yang menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan.

hubungan menindas

Siklus menghina (wu) juga merupakan ketidak seimbangan dalam siklus kontrol di mana cucu menghina atau mengembalikan kekuatan pengendali yang dihasilkan oleh nenek. Dengan menggunakan contoh-contoh dari alam, Anda dapat melihat Api membakar Air dan Air yang menghanyutkan Bumi dan sebagainya.

Secara klinis Anda mungkin melihat ini dalam kasus di mana orang memiliki masalah psikologis jangka panjang (Kebakaran) yang akhirnya mempengaruhi Ginjal (Air) seperti yang terlihat dalam pengembangan lebih banyak tanda-tanda defisiensi Yin (Air).

hubungan menghina

Teori 5 unsur (elemen) TCM, ilmu pengobatan timur